BAHASA INDONESIA TENTANG UNSUR-UNSUR DALAM SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Surat lamaran pekerjaan biasa ditulis seseorang ditujukan kepada suatu
instansi atau perusahaan. Dalam surat lamaran tersebut, seorang pelamar
menawarkan keahlian, kemampuan, atau jasa agar diterima menjadi karyawan
atau pegawai di instansi atau perusahaan tersebut.
Unsur-unsur yang terdapat dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai
berikut.
a. Identitas pelamar, yang meliputi nama, alamat, usia, tempat dan tanggal
lahir, pendidikan.
b. Jenis pekerjaan yang diminta.
c. Bila telah mempunyai pengalaman, dicantumkan pengalaman kerja.
d. Data pendukung yang dimiliki, misalnya: STTB, riwayat hidup, dan sertifikat
keahlian.
e. Sumber lamaran, baik dari iklan maupun pengumuman.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA


Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : Satu berkas
Yth.
Kepala Personalia Sadar Djaya
di Jl. Majapahit VII No. 34
Solo

Dengan hormat,
Dengan adanya iklan di Solopos, 24 Januari 2007, dengan ini saya
mengajukan lamaran menjadi karyawan di Sadar Djaya, yaitu bagian
Teknisi Komputer.
Sebagai karyawan, saya akan berkerja keras untuk kemajuan
perusahaan Bapak. Berikut ini saya lampirkan:
1. Satu lembar copy ijazah terakhir
2. Satu lembar copy KTP
3. Tiga lembar pasfoto ukuran 4 x 6
4. Satu lembar daftar riwayat hidup
Demikian lamaran dari saya. Besar harapan saya untuk dapat
mengikuti tes seleksi. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih
yang sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Yuma Ari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar