Visi dan Misi

A.    Visi Misi
a.       Visi
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1 Rajagaluh memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah berikut:
“Membentuk peserta didik yang unggul dalam prestasi akademik, non akademik, berkarakter, sehat lingkungan dan Berjiwa Wirausaha Berlandaskan Iman dan Taqwa di Tahun 2020”

INDIKATOR PENCAPAIAN
1.      Prestasi Akademik
-          Menjuarai lomba OSN
-          Menempati 3 besar perolehan nilai rata-rata UN di Kabupaten Majalengka
-          Aktif bidang penelitian karya ilmiah dll   
2.      Prestasi Non Akademik
-          Menjuarai lomba 02 SN
-          Menjuarai  FLAS2SN
-          Menjuarai lomba-lomba ektra kurikuler
3.      Berkarakter
1.      IMAN
Indikator:
-          Percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
-          Percaya adanya hari pembalasan (perhitungan terhadap pahala dan dosa).
-          Percaya bahwa kehidupan manusia ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
-          Menerima apa pun hasil yang didapat setelah berusaha sekuat tenaga dan fikiran.Mampu menguasai diri atas setiap keadaan yang dihadapi atas dasar keyakinan bahwa semua itu adalah kehendak Tuhan.
2.      TAQWA
Indikator:
-          Mengerjakan setiap perintah agama dan mejauhi larangannya.
-          Bersyukur atas setiap yang diberikan Tuhan
-          mengucapkan doa setiap memulai dan mengakhiri suatu pekerjaan
-          Menyesal setiap membuat kesalahan dan segera mohon ampun kepada Tuhan, serta berusaha untuk tidak mengulanginya.
-          Menolak setiap ajakan untuk melakukan perbuatan tercela.
3.      BERAHLAK MULIA
Indikator:
-          Sopan dan santun dalam pergaulan.
-          Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.
-          Bertutur kata menurut norma yang berlaku.
-          Menjunjung tinggi adat istiadat setempat.
-          Berpenampilan rapi dan sopan.
-          Berpandangan positif terhadap orang lain.
-          Merasa bahagia dapat menolong orang lain.
-          Memiliki rasa iba diikuti dengan upaya memperbaiki nasib orang lain. 
4.      BERILMU ATAU BERKEAHLIAN
Indikator:
-          Mampu mengerjakan suatu pekerjaan secara benar.
-          Menambah ilmu dengan berbagai cara/jalan.
-          Mencari informasi baru melalui media yang ada,
-          Menjadi tempat bertanya teman atau pun orang lain.
-          Selalu berusaha memecahkan masalah berdasarkan konsep keilmuan.
-          Rasional dalam berbicara dan bertindak.
-          Mengerjakan suatu pekerjaan berdasarkan pemikiran yang dalam.
-          Bersikap efisien dan efektif dalam bekerja.
5.      JUJUR
Indikator:
-          Berkata benar ( tidak bohong )
-          Berbuat sesuai aturan ( tidak curang )
-          Menepati janji yang diucapkan
-          Bersedia menerima sesuatu atas dasar hak
-          Menolak sesuatu pemberian yang bukan haknya
-          Berpihak pada kebenaran
-          Menyampaikan pesan orang lain
-          Satunya kata antara niat dengan perbuatan.
6.       DISIPLIN
Indikator:
-          Patuh pada setiap peraturan yang berlaku
-          Patuh pada etika sosial/masyarakat setempat
-          Menolak setiap ajakan untuk melanggar hukum
-          Mengendalikan diri terhadap perbuatan tercela
-          Hemat dalam menggunakan uang dan barang
-          Menyelesaikan tugas tepat waktu
-          Meletakkan sesuatu pada  tempatnya 
-          Dapat menyimpan rahasia.  


7.      DEMOKRATIS
Indikator:
-          Bersedia mendengarkan pendapat orang lain.
-          Menghargai perbedaan  pendapat.
-          Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
-          Toleran dalam bermusyawarah / diskusi.
-          Bersedia melaksanakan setiap hasil keputusan bersama.
-          Menghargai kritikan yang dilontarkan orang lain.
8.      ADIL
Indikator:
-          Memperlakukan orang lain atas dasar kebenaran.
-          Mampu meletakkan sesuatu menurut tempatnya.
-          Tidak ingin mendapat lebih atas sesuatu yang  bukan haknya.
-          Membela orang lain yang diperlakukan tidak adil.
-          Memperlakukan orang lain sesuai haknya.
-          Tidak membeda-bedakan orang orang dalam pergaulan.
-          Menghargai kerja orang lain sesuai hasil kerjanya. 
9.      BERTANGGUNG JAWAB
Indikator:
-          Menyelesaikan setiap pekerjaan yang dibebankan sampai tuntas. 
-          Tidak mencari-cari kesalahan orang lain atas sesuatu masalah yang dihadapi. 
-          Berani menanggung resiko terhadap  perbuatan yang dilakukan. 
-          Bersedia menerima pujian atau celaan terhadap tindakan yang dilakukan. 
-          Berbicara dan berbuat  secara berterus terang  (tidak seperti ungkapan; lempar batu sembunyi tangan). 
-          Melaksanakan setiap keputusan yang sudah diambil.
10.   CINTA TANAH AIR
Indikator:
-          Peduli terhadapnama baik bangsa dan negara.
-          Merasa bangga sebagai orang yang bertanah air Indonesia
-          Bersedia membela tanah air untuk kejayaan bangsa
-          Peduli terhadap rusaknya hutan/lingkungan di tanah air
-          Bersedia memelihara lingkungan dan melindungi flora dan fauna Indonesia
-          Dapat menyimpan rahasia negara
-          Mau hidup dimanapun di wilayah negara kesatuan Indonesia.  
11.  ORIENTASI DAN KEUNGGULAN
Indikator:
-          Gemar belajar.
-          Belajar dengan bersungguh-sungguh.
-          Berusaha mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan sebaik mungkin.
-          Berupaya mendapat hasil yang terbaik.
-          Senang dalam kegiatan yang bersifat kompetitif.
-          Tidak cepat menyerah mengerjakan sesuatu yang mengandung tantangan.
-          Memiliki komitmen kuat  dalam berkarya. 
12.  GOTONG ROYONG
Indikator:
-          Memahami bahwa kerja sama merupakan kekuatan.
-          Memahami hasil kerja sama adalah untuk kebaikan bersama.
-          Dapat menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk kepentingan bersama.
-          Dapat melaksanakan pekerjaan bersama dengan cara yang menyenangkan.
-          Bantu-membantu demi  kepentingan umum.
-          Bersedia secara bersama-sama membantu orang lain.
-          Bersedia secara bersama-sama membela kebenaran.
-          Dapat bekerja dengan giat dalam setiap kelompok kerja.

4.      Sehat lingkungan
-          Memiliki ruang kelas yang bersih, nyaman, dan indah
-          Memiliki taman kelas yang nyaman dan indah
-          Memiliki taman sekolah yang nyaman dan indah
-          Memiliki toilet sekolah yang bersih dan sehat
-  Memiliki tempat berolahraga, beristirahat, dan upacara  yang bersih 
-  dan nyaman.
-  Memiliki tempat ibadah yang suci, bersih dan nyaman
-  Memiliki kantin sekolah yang bersih, higinis, dan nyaman
-  Memiliki ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang perpustakaan, ruang laboratorium , sekretariat ekstra kurikuler, dan ruang serbaguna sekolah yang bersih dan nyaman.

5.      Berjiwa Wirausaha
-  Memiliki karakter wirausaha
-  Memahami konsep kewirausahaan
-  Mampu melihat peluang
-  Memiliki ketrampilan/skill berwirausaha
-  Terbentuknya lingkungan belajar yang berwawasan kewirausahaan di sekolah.

b.      Misi
-  Meningkatkan profesionalisme guru dalam pembelajaran
-  Meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif dan efisien
-  Meningkatkan budaya belajar mengajar yang kondusif
-  Memfasilitasi pengembangan potensi dan mengarahkan siswa untuk mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam kegiatan organisasi dan kegiatan esktra kurikuler
-  Meningkatkan prestasi siswa bidang akademik dan non akaedmik
-  Mengadakan kegiatan pengayaan dan pemantapan materi
-  Mengembangkan sarana dan prasarana sesuai dengan SPM
-  Membangun keratifitas siswa dengan pembelajaran yang mengarah kepada life skill
-  Mengadakan pemeriksaan kesehatan melalui kegiatan ekskul PMR
-  Meningkatkan dan mengembangkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat
-  Meningkatkan pembinaan shalat berjamah di sekolah
-  Meningkatkan penanaman nilai-nilai keagamaan melalui pembelajaran di dalam dan di luar lingkungan sekolah